BPJS Kesehatan Buat Pemudik Nyaman

Sosial
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Berusaha menunjukkan eksistensi.

Tak absen dalam momentum penting selain berusaha konsisten memberi peran. Spirit itu dihadirkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bagi masyarakat layanannya, peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di musim mudik Lebaran.

Seperti telah dijalankan dalam beberapa tahun ini, unjuk ekstralayanan ini bagi para pemudik untuk membuat perjalanan jadi tenang, nyaman, tentunya di Idul Fitri 1439 sekarang. Terutama di saat para peserta layanan ini harus mendapat pelayanan kesehatan atau memerlukan institusi pelayanan kesehatan. BPJS Kesehatan membuka sekat soal wilayah layanan atau zonasi.

Di mana saja pemudik memerlukan fasilitas kesehatan (faskes), akan dituntun menuju tempatnya yang terdekat. Beda dengan biasanya, seorang peserta hanya mesti mendatangi fasilitas ksehatan di tempat ia terdaftar, sesuai daerah tempat peserta berada. Pada momentum mudik setiap keberadaan faskes-faskes ini dikoordinasikan untuk bisa melayani peserta.

“Akses peserta ini tak saja terhadap tempat pelayanan setingkat fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP). Tapi berlaku untuk layanan non-puskesmas, seperti klinik pratama dan dokter praktik perorangan yang membuka praktik, dan peserta tidak mendapat FKTP lantaran libur di satu wilayah,” jelas Kepala Cabang BPJS Kesehatan Tasikmalaya, Triwidhi H.Puspitasari. 

Hal itu disampaikan Triwidhi dalam satu konferensi pers, Senin (4/6) di kantornya. Turut mendampingi, Kadis Kesehatan Kota Tasikmlaya, dr H Cecep M M.Kes, serta beberapa direktur rumah sakit di Kab/Kota Tasikmalaya.

Kartu aktif

Formula pelayanan ini sudah menjadi bagian yang diatur dalam kerja sama BPJS Kesehatan dengan faskes. Bahkan jika ada peserta memerlukan pelayanan medis di luar jam buka FKTP, peserta dapat dilayani di IGD rumah sakit untuk mendapatkan pelayanan medis dasar. Setiap peserta tak diperbolehkan dipungut biaya.

Yang diingatkan petugas BPJS Kesehatan, setiap peserta JKN-KIS, senantiasa membawa kartu kepesertaan dengan kondisi aktif. “Karena itu kita mohon peserta untuk senantiasa membuat kartunya aktif. Taat membayar iurannya,” lanjut Tri. Bagi mereka yang kebetulan berkartu tengah tak aktif, petugas di lembaga faskes akan mengoordinasikan dulu kedatangan peserta ke BPJS Kesehatan.

Kemudahan berikutnya yang diberikan BPJS Kesehatan, menghadirkan aplikasi Mudik BPJS Kesehatan. Bisa didownload di Google Play Store. Aplikasi ini menyediakan layanan nomor-nomor telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS, tanya-jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan. 

Kecuali berupa aplikasi tadi, masih ada lagi layanan  care center 1500400 yang beroperasi 24 jam, termasuk di hari minggu dan ibur, untuk memperoleh informasi, melakukan pengaduan, melakukan konsultasi kesehatan, pelayanan administrasi peserta JKN-KIS, pendaftaran peserta JKN-KIS, dll.  BPJS Kesehatan menghadirkan program buat pemudik nyaman dimulai H-8 sampai H+8, atau sejak 7-23 Juni 2018. gus


Suka dengan artikel ini?, silahkan begikan dan tinggalkan komentar terbaik anda:
Don't have an account yet? Register Now!

Sign in to your account