Riuh Gemuruh Beduk Bertalu Warga Tamansari Semarakkan Tibanya Tahun Baru Islam 1446 H

Tasikplus.com-Menyemarakkan tibanya tahun baru Islam 1446 Hijriah. Menjelang tanggal 1 Muharram pergantian bulan Hijriah, warga Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya, Jabar, Sabtu (6/7) malam, tumplek turun ke jalan. 

Khas dengan arak-arakan pawai obor. Mereka meramaikan ruas-ruas jalan kecamatan di berbagai kawasan. 1 Muharram bertepatan dengan Ahad tanggal 7 Juli 2024.

Sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun masyarakat kecamatan ini turun ke jalan berkeliling. Sebagian sembari menunjukkan kreasi-kreasi tampilan, tua-muda. 

Tentunya lagi kalangan pelajar, santri-santri pesantren, Karang Taruna, yang membawa poster-poster nama lembaganya, kelompoknya. Dipimpin para seniornya. 

Dalam iring-iringan itu cukup akrab pandang banyak yang bawa beduk dalam rombongan, bertabuh selama pawai. Ada yang menyuarakan alunan solawat, nyanyian-nyanyian religi, serta sorak-sorai kegembiraan. 

Ada pesan dan kesan tertangkap, mereka sangat ingin menggemakan syiar Islam di momen ini. Keteguhan untuk terus selalu mengagungkan momentum keagamaan, tak tergerus oleh serbuan budaya-budaya luar yang masif. 

Sejalan malam larut, perlahan suara-suara itu mereda. Di antara barisan-barisan rombongan saling menjauh. Menuju tempat start awal, dari lingkungan-lingkungan pesantrennya, masjidnya, madrasahnya, atau lingkungan pemukimannya. 

Kembali dalam suasana jalan yang lengang, tinggal seliwer dan deru kendaraan yang mulai pada bisa melaju cepat. gus
 

0 Komentar