Umtas Lepas 408 Lulusan, 300 Orang di Antaranya Raih Predikat “Dengan Pujian”

Para wisudawan maju ke podium satu persatu untuk mendapat sesi pelantikan dalam Wisuda XII Periode Oktober 2024 Umtas, Kamis (17/10), di Auditorium Plaza Asia Tasikmalaya.


Tasikplus.com-Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (Umtas), kembali mewisuda lulusannya, Periode Oktober Tahun 2024. Dalam iringan Sidang Terbuka Senat Umtas, berlangsung di Auditorium Plaza Asia, jumlah wisudawan pada penyelenggaraan Wisuda XII kali ini 408 orang.


Para lulusan terdiri program Diploma III, Sarjana, dan Profesi. Hadir dalam acara antara lain unsur pimpinan Majelis Litbang Dikti PP Muhamadiyah, Ketua LLDikti Jabar-Banten, unsur Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWI) Jabar, PDM Kota Tasikmalaya, pejabat yang mewakili Pj wali kota berikut unsur Forkopimda Kota Tasikmalaya, organ BPH Umtas, para orangtua wisudawan, dll.

Menjadi sesi inti pada wisuda, seluruh wisudawan maju ke podium untuk menerima simbolisme pelantikan dan penyerahan ijazah oleh dekan. Sedangkan bagi lulusan berprestasi diberi tanda penghargaan yang diserahkan rektor Umtas.

Rektor Umtas Neni Nuraeni M.Kep, NS.Sp.Kep.Mat, saat memberi sambutan mengawalinya dengan menyampaikan selamat kepada para wisudawan. Setelah berbagai tantangan dilewati, katanya, akhirnya para wisudawan sampai di akhir studi atau puncak kelulusan.

Rektor juga menyatakan, dengan wisuda kali ini dirinya sangat terkesan. Setelah beberapa tahun ini melepas lulusan, kali ini berjumlah lulusan terbanyak yakni, 408 wisudawan. Kemudian dari jumlah itu melampaui 300 orang di antaranya lulus dalam predikat “Dengan Pujian” (Cumlaude).

"Mudah-mudahan dengan predikat-predikat hasil ujian itu akan memotivasi kita untuk benar-benar bisa mempertanggungjawabkan apa yang sudah didapatkan. Kita bisa memberikan sesuatu yang lebih bermanfaat kepada orang lain", ujarnya.

Yang tak kalah diingatkan rektor berikutnya, selepas hari (wisuda) itu bisa jadi merupakan awal meniti perjalanan karir yang dimiliki. "Dengan keilmuan yang dimiliki akan terus diuji di masyarakat dan di manapun lingkungan kalian berada. Nanti diterima ataupun tidak tergantung dari kompetensi dan kemampuan mengembangkan ilmu kalian masing-masing", sebutnya.

Rincian 408 lulusan Umtas TA 2023/2024 terdiri, 45 orang asal D3 Kebidanan, 60 orang D3 Keperawatan, 32 asal Pendidikan Profesi Bidan, 80 Profesi Ners, 5 lulusan Bimbingan Konseling, 25 lulusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 43 lulusan PGSD, 7 orang Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, 10 lulusan Teknologi Informasi, 83 S1 keperawatan, 1 lulusan Teknik Elektro, 6 lulusan Teknik Lingkungan, 7 lulusan Teknik Mesin dan 4 orang lulusan Teknik Pertambangan.

Terus kembangkan pengetahuan relevan
Staf Ahli Wali Kota atau pejabat yang mewakili Pj Wali Kota Tasikmalaya, Hj Elly Suminar MP, pada kesempatan wisuda mengingatkan bahwa para lulusan sebagai generasi penerus bangsa. Dengan ilmu dimiliki itu dapat menjadi bekal untuk terus mengembangkan diri, meningkatkan kemampuan dalam tantangan masa depan sekarang.

Di tengah dinamika perkembangan zaman yang semakin pesat, pesannya, kemampuan akademis yang dimiliki saja itu tidaklah cukup. Oleh karena itu terus kembangkan keterampilan dan kemampuan yang relevan dengan kebutuhan masa kini.

“Lakukan kolaborasi-kolaborasi dalam perjalanan kalian, ambil peluang-peluang dari pekerjaan atau usaha, yang terpenting memiliki tujuan jelas. Jadikan kemampuan sebagai jalan untuk memberi manfaat bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat pada umumnya. Jadilah agen perubahan hari ini”, dorongnya. gus
 

0 Komentar